Program Studi S1 Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA)

PRODI STUDI PENDIDIKAN GURU RAUDLATUL ATHFAL (PGRA)

INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) IBRAHIMY GENTENG BANYUWANGI

 

MANDAT

Bertolak dari harapan dan kepentingan stakeholders, Pendidikan Guru Raudlatul Athfal  IAI Ibrahimy memiliki mandat:  “menyelenggarakan Pendidikan Guru Raudlatul Athfal yang berkualitas”

 

LATAR BELAKANG

Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA) merupakan program pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan  pendidik, pengelola dan konselor  yang professional dalam bidang ke-RA-an. Dalam upaya mewujudkan tujuan program pendidikan RA dimaksud diperlukan waktu dan keahlian untuk membekali para lulusannya dengan berbagai kompetensi yaitu penguasaan bidang studi, landasan keilmuan dan kegiatan mendidik maupun strategi penerapannya di lapangan. Secara professional tujuan tersebut dapat terwujud dengan melakukan persiapan penyelenggaraan pembelajaran di PGRA dengan komponen utama yaitu tersedianya kurikulum pembelajaran. Selaras dengan telah diberlakukannya peraturan presiden RI No 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan undang-undang no 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi maka dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di PGRA diperlukan kurikulum berbasis KKNI. Dalam pengembangannya kurikulum dimaksud diselenggarakan disesuaikan dengan tuntutan kekinian dengan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan masa depan untuk menjamin mutu calon pendidik professional serta landasan dalam merekonstruksi program serta menyelenggarakan pendidikan guru RA secara koprehensif.

 

VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

VISI

Terwujudnya program studi PGRA yang unggul dalam pembelajaran akademik serta pembelajaran profesi berdasarkan manhaj Ahlussunnah Wal Jama’ah Annahdliyah pada tahun 2023.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pembelajaran akademik berdasarkan manhaj ahlussunnah wal jamaah untuk menghasilkan sarjana pendidikan yang berkualitas;
  2. Menyelenggarakan pembelajaran profesi keguruan untuk menyiapkan tenaga pendidik professional berwawasan ahlus sunnah wal jamaah dalam bidang Pendidikan Guru Raudlotul Athfal (PGRA);
  3. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan ke-PGRA-an untuk dijadikan landasan dalam proses pembelajaran dan pengabdian masyarakat;
  4. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat dibidang  ke-PGRA-an dalam rangka ikut serta memecahkan masalah pendidikan Raudlotul Athfal.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan yang berkualitas di bidang Pendidikan Guru Raudlatul Athfal;
  2. Menghasilkan calon tenaga pendidik profesional yang berwawasan ahlussunnah wal jamaah dibidang Pendidikan Guru Raudlotul Athfal;
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang ke-PGRA-an dalam kehidupan masyarakat;
  4. Mampu memberikan layanan akademik di bidang ke-PGRA-an secara professional kepada masyarakat.


SASARAN

  1. Mendidik mahasiswa menjadi tenaga pedidik yang  profesional dan berwawasan ahlussunnah wal jamaah di bidang  Pendidikan Guru Raudlatul Athfal;
  2. Mendidik mahasiswa agar memiliki sikap tanggung jawab dalam mengembangkan keilmuwannya;
  3. Mendidik mahasiswa  agar memiliki keterampilan dalam hal perencanaan, pelaksanaan, penilaiaan dan pengembangan profesi di bidang Pendidikan Guru Raudlotul Athfal;
  4. Mendidik mahasiswa  agar menjadi mahasiswa yang berkepribadian muslim dalam bersikap dan bertindak di lingkungan masyarakat.

 

STRATEGI PENCAPAIAN

  1. Memberikan layanan akademik secara profesional;
  2. Menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi berlangsungnya proses pembelajaran;
  3. Menyiapkan  dosen  dengan kualifikasi minimal S2  yang linier  dan  mengampu mata kuliah sesuai dengan bidang keahliannya;
  4. Mengadakan tinjauan kurikulum secara berkala yang berpedoman pada kurikulum nasional dan PTAI serta relevan dengan kebutuhan tenaga pendidik RA;
  5. Tersedianya sarana dan prasarana  untuk  menunjang proses pembelajaran.

 

PROFIL LULUSAN

  1. menjadi Guru profesional di  Raudhatul Athfal
  2. menjadi pendamping profesional di Kelompok Bermain,
  3. menjadi pengasuh profesional di Tempat Penitipan Anak (Child care)
  4. menjadi Pengelola pendidikan di Raudhatul Athfal  Kelompok Bermain, Tempat Penitipan  Anak (Child Care)
  5. menjadi Konsultan pendidikan anak usia Raudhatul Athfal / Taman Kanak-Kelompok Bermain, Taman Pengasuhan Anak (Day Care)

 

KOMPETENSI LULUSAN

  1. Menguasai teori perkembangan anak usia RA dan menerapkannya dalam pembelajaran
  2. memiliki kemampuan menganalisis, memetakan dan memberikan problem solving dalam penyelenggaraan pendidikan pada pada RA
  3. Menguasai pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk melakukan penelitian dan pengkajian bidang pendidikan pada RA
  4. Memiliki pemahaman tentang teori perkembangan anak usia RA.
  5. Memiliki pemahaman tentang pendidikan dan pembelajaran anak usia RA.
  6. Memiliki kemampuan pembuatan bahan ajar untuk anak usia RA.
  7. Menguasai Manajemen satuan pendidikan RA.
  8. Memiliki kemampuan bekerjasama dengan komunitas pendidikan anak (orang tua, masyarakat dan penyelenggara program pendidikan usia dini lainnya).
  9. Berperan serta dalam kehidupan masyarakat profesi pada tingkat lokal, nasional dan internasional.