PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) IBRAHIMY GENTENG BANYUWANGI

 

Latar Belakang

Memperoleh pendidikan agama adalah hak bagi setiap orang. Sebagai negara yang multi-agama, pemerintah Indonesia tentunya telah mendesain pendidikan keagamaan bagi setiap warganya sesuai dengan agama yang dianutnya. Begitu juga dengan pendidikan agama Islam.

 

UU No.20 tahun 2003 tentang Sisdiknas mengharuskan setiap sekolah untuk memberikan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianut peserta didik, yang kemudian didukung dengan lahirnya Permenag no.912 Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Hal ini memicu PTKI/PTKIN untuk menyiapkan tenaga-tenaga pendidikan yang nantinya akan mengaplikasikan undang-undang tersebut.

 

IAI Ibrahimy telah membuka Prodi Pendidikan Agama Islam sejak tahun 1984. Sebagai Prodi tertua, PAI senantiasa melakukan inovasi-inovasi seiring dengan perkembangan zaman, dengan tetap berpegang teguh pada paham Ahlu Sunnah wal Jama’ah. Sehingga mampu untuk menjadi garda depan dalam membendung gerakan-gerakan Islam radikal yang semakin marak akhir-akhir ini.

 

Lulusan Prodi PAI dapat menjadi tenaga pendidik profesional di bidang Pendidikan Agama Islam di tingkat SD/MI, MTs/SMP atau Aliayah/SMA; alumni juga bisa menjadi PNS. Selain itu, lulusan juga bisa menjadi praktisi dalam pendidikan keIslaman melalui lembaga-lembaga keIslaman.

 

Visi :

Menjadi pusat pendidikan Agama Islam yang berkarakter Ahlu Sunnah wal Jamaah

 

Misi :

  1. Membentuk intelektual muslim berpaham Ahlusunnah Wal Jama’ah, memiliki semangat pengabdian yang luhur dan kepekaan sosial yang tinggi.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi melalui pengkajian dan penelitian ilmiah dengan tetap berdasarkan akidah Islam.
  3. Memberikan keteladanan dalam kehidupan bermasyrakat dan berbangsa atas dasar nilai nilai Islam dan budaya luhur bangsa indonesia.
  4. Mengembangkan penelitian  penelitian dan pengabdian masyarakat yang bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
  5. Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi  di dalam dan luar negeri, masyarakat, pengguna lulusan dan stakeholders lainnya.


Kompetensi Lulusan Program Studi PAI IAI Ibrahimy

Untuk merealisasikan visi dan misi di atas, maka Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Ibrahimy, memiliki beberapa program yang bersifat akademik maupun administratif. Pada bidang akademik,  Program Studi PAI merumuskan kurikulum yang selalu selaras dengan perkembangan dan kebutuhan zaman serta kurikulum yang sesuai dengan nilai-nilai Islam Ahlu Sunah wal Jama’ah.

 

Selain diseleraskan dengan visi dan misi IAI Ibrahimy, Prodi PAI juga menyeleraskan dengan tujuan nasional pendidikan yaitu mencetak guru yang memiliki empat kompetensi yaitu Pedagogik, Profesional, Kepribadian serta Sosial.

 

Kompetensi Dasar:

Program Studi PAI memiliki visi mencetak guru Agama Islam yang berkarakter Ahlu Sunah wal Jama’ah. Inilah kompetensi yang Guru Agama Islam yang dikembangakan oleh Prodi PAI. 

 

Kompetensi Utama:

1.   Kompetensi Pedagogik

  • Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
  • Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
  • Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
  • Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
  • Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
  • Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
  • Memiliki pengetahuan dan keterampilan  tentang persoalan-persoalan  manajemen dan supervisi untuk meningkatkan kualitas sekolah.

 

 2.   Kompetensi Kepribadian

  • Bertindak sesuai dengan nilai-nilai Islam Ahlu Sunah wal Jamaah
  • Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
  • Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
  • Menunjukan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
  • Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
  • Mampu mengembangkan diri secara terus-menerus sebagai pendidik muslim yang professional.

 

 3.  Kompetensi Profesional

  • Menguasai materi, sruktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
  • Mengusai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
  • Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
  • Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.

 

4.  Kompetensi Sosial

  • Memiliki keterampilan menganalisis, memecahkan masalah, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Memiliki kepekaan sosial untuk peningkatan kualitas sekolah bersama-sama dengan masyarakat dan komite madrasah
  • Mampu berkonstribusi terhadap pengembangan pendidikan di sekolah dan masyarakat.

 

5.   Kompetensi Pendukung

  • Kompetensi Penguasaan Bahasa Asing  (Arab dan Inggris), mahasiswa terampil dalam berkomunikasi bahasa asing (Arab dan Inggris).

 

6.   Kompetensi Lainnya

  • Mahasiswa mampu menghafal Juz Amma dan membaca kitab kuning.

 

Prospek Lapangan Kerja 

  1. Guru Pendidikan Agama Islam di MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA.
  2. Pegawai Negeri di berbagai instansi pemerintah
  3. Pembina pendidikan keIslaman
  4. Wirausaha di bidang pendidikan Islam
  5. Motivator pendidikan Islam