F. Tarbiyah

FAKULTAS TARBIYAH

Mahasiswa merupakan salah satu unsur civitas akademika di perguruan tinggi, yang memiliki hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagaimana unsur akademika yang lain, walaupun dengan status dan fungsi yang berbeda. Mahasiswa selain berkewajiban mentaati tata tertib an kode etik serta menjaga citra dan nama baik almamater, berhak juga memperoleh pendidikan dan bimbingan dalam suasana akademik sesuai dengan pandangan hidup bangsa Indonesia, Pancasila dan nilai-nilai Islam, dalam upaya mempelajari, mendalami dan mencapai keahlian prodesional dalam bidang keilmuan yang dipilihnya. Dengan demikian. Standar kompetensi yang didasarkan pada empat pilar yang ditetapkan oleh UNESCO, yakni belajar untuk mengetahui (learning to know) belajar untuk berbuat (learning to do) belajar untuk menjadi dan mengenal dirinya sendiri (learning to be), dan belajar untuk hidup bersama/bermasyarakat (learning to live together) serta belajar meningkatkan kulaitas keagamaan dapat terwujud.

 

Guna mewujudkan tujuan tersebut, mahasiswa perlu mengetahui sedini mungkin seluk beluk yang berhubungan dengan proses belajar mengajar, tata tertib serta kebijakan-kebijakan yang diberlakukan ditingkat fakultas. Dengan pengetahuan ini, mahasiswa diharapkan memiliki gambaran komprehensif tentang tugas dan kewajibannya serta dapat membuat perencanaan yang matang agar mereka dapat menyelesaikan studinya sesui dengan waktu yang ditentukan dengan hasil maksimal.

 

Fakultas Tarbiyah IAI Ibrahimy merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam yang terdepan dalam penyiapan calon-calon ahli di bidang Ilmu Pendidikan Islam dan tenaga kependidikan Islam Profesional.

 

Fakultas ini didirikan bersamaan dengan alih status STAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi yang pada awal berdirinnya bernama STIT Ilmu Tarbiyah Ibarahimy Genteng yang kemudian berubah menjadi STAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi dan kini berubah menjadi Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng Banyuwangi. Berdiri pada tahun  2015 Fakultas Ilmu Tarbiyah yang merupakan gabungan dari tiga Program Studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), PGMI, dan PGRA, dan telah memiliki lebih dari 500 orang alumni. Para alumni tersebut telah berdedikasi diberbagai bidang pekerjaan atau profesi dengan berbekal ilmu dan keahlian yang diperoleh dari Fakultas Tarbiyah.

 

Fakultas Tarbiyah pada saat ini memiliki tiga jurusan/ progam studi; yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) dan Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA). Pengembangan yang menjadi skala prioritas pada saat ini adalah membuka progam studi progam studi baru seperti Progam Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan program Pascasarjana.

 

 

Visi dan Misi

Visi:

“Terwujudnya Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam bidang pendidikan Islam dan keguruan yang bermanhaj Ahlu Sunnah wal Jama’ah terakreditasi A tahun 2020”

 

Misi:

Untuk menerjemehkan visi di atas, Fakultas Tarbiyah merumuskan visi sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berbasis mutu dalam keilmuan dan keislaman.
  2. Mengembangkan ilmu-ilmu pendidikan dan keguruan yang integrative dan holistik.
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan mengembangkan sikap ilmiah, keterampilan, dan aplikasi nilai-nilai akhlak mulia dalam manhaj Ahlu Sunnah wal Jama’ah.
  4. Mengembangkan jaringan kemitraan dengan lembaga-lembaga terkait, baik regional, nasional maupun internasional.
  5. Meningkatkan mutu layanan administrasi, akademik dan kemahasiswaaan berbasis IT.
  6. Meningkatkan mutu dan citra mahasiswa sebagai manusia akademis yang berkepribadian Islami dan berorientasi keilmuan.

 

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi Fakultas Tarbiyah IAI Ibrahimy Banyuwangi di atas, maka dirumuskan tujuan sebagai berikut:

  1. Mengasilkan sarjana pendidikan dan keguruan yang professional dan kompeten berwawasan keIslaman, memiliki kemampuan akademik, pedagogik dan berdisiplin tinggi.
  2. Menghasilkan sarjana yang bertanggung jawab secara moral sosial dan keagamaan.
  3. Menghasilkan pemikiran dan karya ilmiah di bidang pendidikan dan keguruan Islam.
  4. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pendidikan dan keguruan dengan pendekatan keterpaduan sains, teknologi dan agama.

 

Kebijakan Mutu

Fakultas Ilmu Tarbiyah sebagai fakultas yang terdepan dalam bidang pendidikan Islam, penelitian dan pengabdian masyarakat dan tetap berwawasan Islam Ahlu Sunnah wal Jama’ah.

 

Sasaran Mutu

  1. Karya ilmiah tentang integrasi-interkoneksi studi keislaman dan keilmuan minimal 50%.
  2. Karya ilmiah staf edukatif yang dipublikasikan nasional minimal tiga buah pertahun
  3. Lulusan berkarya di masyarakat sesuai bidang keahlian dalam tahun pertama minimal 50%
  4. Jumlah lulusan tepat waktu studi 8 semester minimal 80%
  5. Indeks kinerja dosen ≥  3,0 minimal 90%
  6. Lulusan mampu   global dengan TOEFL  score minimal 400 minimal 80% dan TOAFL score minimal 400 minimal 80%.

 

Struktur Organisasi

       Dekan                                        : Fathi Hidayah, M.Pd.I

-      Ketua Prodi PA                           : Ahmad Aziz Fanani, M.Pd.I           

-      Ketua Prodi  PGMI                      : Kurniyatul Faizah, M.Pd.I

-      Ketua Prodi  PGRA                     : Jon Iskandar Bahari, M.Pd.I

-      Staf Akademik                            : 1. Iriani Widiyati, A.Md (PAI)

                                                          2. Zuyyinatil Akfa, S.Pd (PAI)

                                                          3. Solikhun, S.Pd.I (PGMI&PGRA)